Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jepa Sebagai Makanan Khas Mandar, Cara Membuatnya Tidak Berubah Sampai Sekarang !!

Gambar : Jepa Makanan Khas Mandar

Jepa merupakan makanan khas Suku Mandar yang masih  bertahan eksistensinya sampai sekarang. Jepa masih sangat banyak di temui khususnya di daerah Kabupaten Polewali Mandar dan Kabupaten Majene.

Sejak dahulu kalah masyarakat Mandar menjadikan Jepa sebagai makanan pokok, karena  masih susah menemui beras.

Jepa terbuat dari ubi kayu atau singkong parut dan di panggang menggunakan api. Maka dari itu Jepa sangat mudah di buat dan tidak ada campuran lainnya selain ubi kecuali mau membah rasa.

Sampai saat ini belum ada inovasi terbaru tentang pembuatan jepa sampai tapi akan terus di kembangkan, pembuatan jepa masih tradisional. Berikut alat dan bahan serta cara membuat jepa

Alat dan Bahan

Alat yang di gunakan membuat Jepa berbentuk lempengan yang terbuat dari tanah yang menyerupai piring, orang Mandar menyebutnya Panjepangan dan menggunakan sendok yang terbuat dari tempurung kelapa gagangnya terbuat dari irisan bambu.

Ubi kayu sebagai bahan utama pembuatan Jepa. Yang ingin varian rasa yang lain, cukup menambahkan kelapa agar rasanya agak manis-manis.

Langka-Langkah Membuat Jepa

Pembuatan jepa sampai saat ini masih tradisional belum ada inovasi terbaru atau mesin memproduksi jepa yang cepat. Berikut beberapa langkah-langkah membuat jepa:

  • Pertama-tama ubi di parut sehalus mungkin menggunakan mesin parut atau alat parut tradisional.
  • Setelah Selesai di parut, Parutan ubi di pisahkan airnya menggunakan alat pemeras atau Orang Mandar menyebutkan paepean . Hal ini di lakukan untuk memisahkan air dari hasil parutan selama kurang lebih 4 jam.
  • Hasil parutan yang sudah kering di pisahkan dari tulang ubi dan parutan yang kurang halus penggunaan saringan atau pagero.
  • Untuk menambah varian rasa cukup tambahkan kelapa parut. Di campur dan di aduk rata bersama dengan ubi yang sudah di parut.
  • Setelah semua siap dan tercampur rata, panjempangan di panaskan menggunakan kompor tradisional menggunakan kayu, atau bisa juga menggunakan kompor gas.
  • Ubi parut dituangkan ke adonan sesuai dengan bentuk adonan. Panjepangan harus 2 yang di gunakan agar panasnya terbagi rata di dari atas dan dari dibawa.

Kesimpulan

Jepa baik di makan pada saat agak hangat di sandikan dengan kuah dari Bau Peapi. Untuk Bau Peapi Sendiri, Penulis akan uraikan artikel selanjutnya. Tampah ada Bau Peapi ganjil rasanya jika kita makan jepa demikian juga sebaliknya.

Demikian cara pembuatan jepa, Silakan pratikan di rumah masing-masing. Penulis uraikan di atas tidak terlepas pengalaman-pengalaman penulis membuat jepa dari proses awal hingga akhir.

Jepa di kenal sebagai makanan khas Mandar sampai saat ini eksistensinya masih terjaga di warung-warung makan di Sulawesi Barat Khususnya di Kabupaten Majene dan Polewali baik juga di pasar tradisional maupun di pasar sentral. Yang ingin langsung makan silakan berkunjung.


Penulis: Yuzhril 



Posting Komentar untuk "Jepa Sebagai Makanan Khas Mandar, Cara Membuatnya Tidak Berubah Sampai Sekarang !!"